News Rabu, 23 Maret 2022 | 11:03

Capeknya Petugas Kebersihan MotoGP, Erick Thohir: Mas Getar Terima Kasih    

Lihat Foto Capeknya Petugas Kebersihan MotoGP, Erick Thohir: Mas Getar Terima Kasih     Petugas kebersihan MotoGP Mandalika, Muhammad Getar. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas kebersihan di arena Sirkuit Mandalika pasca lomba yang berakhir Minggu, 20 Maret 2022 kemarin.

"Mas Getar, terima kasih. Luar biasa, bagaimana Mas Getar setelah event MotoGP langsung turun membersihkan sampah-sampah yang ada," ucap Erick dilihat di Twitter, Rabu, 23 Maret 2022.

Apresiasi kata Erick tidak hanya kepada Muhammad Getar, tetapi juga semua tim kebersihan yang diyakini setelah acara pasti sangat sibuk bersih-bersih.

"Saya sangat berharap kepada masyarakat semua yang kebetulan juga ada di sebuah event, kita harus menjaga lingkungan kita. Dengan membuang sampah pada tempatnya," pesan Menteri Erick.

Kalaupun kalau sulit mendapatkan tempat sampah, karena keterbatasan tempat buang sampah, bisa saja disusun bersama di sebuah titik. 

Baca juga: MotoGP 2022 Digelar di Indonesia, Potensi Penjualan Motor di Tanah Air Meningkat

Sehingga bisa lebih mudah diambil petugas kebersihan. "Kita harus terus menjaga event-event besar di Indonesia apalagi yang skala kelas dunia, salah satu kuncinya kalau diapresiasi kita sebagai bangsa yang bersih karena itu kita harus jaga," katanya.

Erick mengingatkan, kebersihan di setiap event yang Indonesia buat dan disorot dunia bisa dilakukan. "Kebersihan adalah sebagian dari iman," tukasnya.

Sementara itu, dilihat di akun Twitter Muhammad Getar @Muhammad_Getar mengungkap bagaimana capeknya menjadi petugas kebersihan di Sirkuit Mandalika.

"Capek banget jadi petugas kebersihan MotoGP Mandalika. Penontonnya ninggalin barang aneh-aneh lagi," tulis Getar, Selasa, 21 Maret 2022.

Sampah penonton MotoGP Mandalika. (Foto: Twitter)

Di akun tersebut, Getar menunjukkan foto-foto sampah bekas makanan dan minuman penonton yang ditinggal begitu saja.

"Habis makan, jangan lupa minum. Minumnya di rumah, minumannya ditinggal," tulisnya seraya menunjukkan foto bekas minuman ringan dan makanan fried chicken di tribun penonton.

Dia mengungkap, jumlah tenaga kebersihan yang bertugas sebanyak 500 orang. Mereka dibagi dalam dua shift. Long shift dari pukul 06.00 - 18.00 WIB dan short shift 17.00 - 24.00 WIB.

Getar sendiri mendapat short shift, yakni selepas gelaran MotoGP. "Yang ngga kefoto banyak banget. Jas hujan sekali pakai, botol plastik, botol kaleng, bungkus jajan, kulit kuaci/kacang, tisu, dll. Yang paling enek ya bekas makanan. Bekas makanannya dibiarin aja gitu. Ini nih yang paling menyengat baunya," tutur dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya